Kemudahan Proses Inovasi UNINGA


1. Perencanaan
a. Melakukan advokasi kepada Kepala Puskesmas
b. Rapat Lintas Sektoral dengan HIMPAUDI (penetuan, tempat,
tanggal, waktu, serta teknis kegiatan)
c. Serta penandatanganan lembar komitmen
d. Advokasi sponsor ke Indomart setempat
2. Pelaksanaan
a. Kegiatan penyuluhan pada kegiatan gebyar yang dilaksanakan pada
tanggal 26 sepember 2019 yang bertepatan dengan bulan
kesehatan gigi. Pada kegiatan tersebut dilaksanakan beberapa
kegiatan diantaranya, penyuluhan kesehatan gigi, sikat gigi masal,
senam sehat, lomba menggambar diatas roti yang bertemakan gigi.
Kegiatan gebyar ini disponsori oleh indomart diwilayah setempat.
b. Kegiatan pemeriksaan dilaksanakan di sekolah sesuai dengan
permintaan dari sekolah pada bulan oktober – desember dengan
jumlah 784 siswa.
c. kegiatan rujukan, setelah dilakukan pemeriksaan siswa yang
memerlukan perawatan dilakukan perawatan di Puskesmas.
d. Kegiatan kunjungan siswa ke Puskesmas dilaksanakan dimulai
sejak bulan oktober sampai sekarang sesuai dengan permintaan
sekolah. Siswa dalam kunjungan diperkenalkan tentang ruang
pemeriksaan gigi dan mulut, alat kesehatan gigi dan kegiatan
pemeriksaan kesehatan gigi, agar siswa mengenal serta tidak takut
untuk memeriksaan kesehatan gigi dan mulut ke puskemas
3. Pengawasan serta evaluasi
a. Membuat lembar observasi kegiatan menyikat gigi anak dengan
teknis, guru menanyakan kepada anak apakah hari sebelumnya
menyikat gigi (minimal 2 kali sehari), jika melaksanakan satu kali
maka siswa menempelkan satu bintang di lembar observasi, jika dua

kali maka menempelkan dua bintang pada lembar observasi, begitu
seterusnya. Selama satu bulan
b. Lembar observasi di rekap oleh guru
c. Sebulan setelah observasi perawat gigi datang ke sekolah untuk
melihat hasil rekapan lembar observasi dan memberikan rewards
kepada anak yang paling banyak mendapatkan bintang, serta diberi
kuis
d. Melakukan evaluasi kegiatan lembar observasi
e. Melakukan penyluuhan ulang agar mengingat kembali