Pengusaha Arung Jeram Bentuk Paguyuban

 

CARINGIN – Untuk keamanan dan ketertiban operator arung jeram yang semakin menjamur di Kecamatan Caringin, maka para pemilik dan operator arung jeram membentuk paguyuban bernama Paguyuban Arung Jeram Cisadane (Pacis).

Menurut operator arung jeram, Alamanda Imam Faisal yang ditunjuk sebagai ketua paguyuban, tujuan pagu­yuban dibentuk agar ke depanya operator arung jeram yang ada di wilayah Keca­matan Caringin dapat bersaing dengan sehat serta keamanan wisatawan dapat terjamin.

“Banyak program yang telah disepakati para operator seperti keselamatan, pelatihan guide hingga masalah harga tiket masuk. Hal itu agar persaingan di antara para operator menjadi sehat dan Sungai Cisadane yang kita gunakan untuk arung jeram terjaga kebersihanya agar minat wisatawan bertambah,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Dia menjelaskan, paguyuban dibentuk karena semakin banyaknya operator arung jeram di wilayah Kecamatan Caringin. “Kalau tidak ada paguyuban opertor arung jeram, maka persaingan menjadi tidak sehat serta keasrian Sungai Cisadane kurang diperhatikan. Maka dari itu, kita kumpul bersama untuk membahas bersama pihak kecamatan yang diwakili Satpol PP. Kita bahas semua dari persaingan harga, keselamatan sampai menjaga kebersihan Sungai Cisadane. Dalam rapat tersebut telah disepakati dan disetujui para operator bahwa jika ada yang melanggar kita beri sanksi buat operator tersebut,” ujarnya.

Operator arung jeram ANNSR RAFTING, Reny, mendukung penuh paguyuban yang diketuai Imam Faisal. Karena akan bermanfaat untuk para operator di wilayah Caringin. Sebab apabila tidak dibentuk paguyuban nantinya operator arung jeram akan tidak tertib dan akan main harga sendiri-sendiri yang akan menja­tuhkan opertor lain.
”Saya setuju dengan adanya paguyuban operator arung jeram. Jadi biar tertib dan terkoordinasi semuanya melalui paguyuban dan bermanfaat untuk seluruh operator. Kita juga akan mematuhi semuanya seperti izin Standar Operasional Pengamanan (SOP) seperti pelampung, helm dan asuransi, . Jadi kita safety untuk wisatawan dan guide kita,” ujarnya.


Komentar
    Belum ada komentar..
Kirim Komentar
Pimpinan
Drs. H. RUMAMBI, MM
Drs. H. RUMAMBI, MM
Agenda Kegiatan
Statistik Pengunjung
  • Hari Ini : 1
  • Kemarin : 20
  • Total : 39662
Download